Fawaid Kitabul Ilmi

49 Pembaca

Kajian Shohih Bukhori
Masjid Jamilurrohman, 30 Desember 2022
Jam 04.50-05.30

Fawaid Ta’lim

Kitabul Ilmi Bab 26

Melakukan perjalanan panjang untuk mencari jawaban dari masalah yang sedang terjadi dan mengajarkan kepada keluarganya masalah tersebut yang telah ditanyakan kepada ahlinya tersebut.

Semangat para salaf melakukan perjalaan panjang untuk bertanya kepada ahlil ilmi tentang jawaban dari permasalahan yang sedang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Ilmu dianugrahkan kepada manusia seperti halnya rizki tidak semua orang diberi bagian yang sama.

Diperintah untuk bertanya kepada ahli ilmu ketika ada permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat dan tidak diketahui jawabannya.

Obat kejahilan adalah bertanya.

Jika ada seorang laki-laki menikahi saudari susuan dan dia tidak mengetahui hal itu kemudian ada orang yang memberitahukan hal tersebut kepadanya maka wajib berpisa dengan istrinya (perpisahan itu bukan talak dan bukan fash/pembatalan pernikahan) karena pernikahan tersebut pada asalnya tidak sah sebab keduanya adalah mahrom karena susuan.

Jika terjadi pernikahan antara dua orang susuan dan sudah dikaruniai anak maka anaknya dinisbahkan kepada bapaknya karena pernikahan tersebut termasuk pernikahan subhah (suami ketika menggauli istrinya merasa sebagai istri yang sah dan hubungan badan tersebut disebut wadh’u subhah).

Mahrom karena susuan sama dengan mahrom karena nasab.

Mahrom karena susuan, susuan dianggap sebagai mahrom jika susuan tersebut dilakukan minimal lima kali susuan yang mengenyangkan.

Di zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (jika disebutkan perjalanan (berkendara) dalam al-qur’an atau hadis secara mutlak tanpa dikaitkan dengan sesuatu maka yang dimaksud dengan perjalanan tersebut adalah perjalanan berkendara dengan onta.

Persaksian seorang wanita dalam masalah susuan diterima dan bisa diqiyaskan dalam masalah-masalah lain yang menjadi kekhususan wanita seperti, haid, nifas, melahirkan dan lain-lain.

Diterimanya khobar ahad dalam masalah agama dan perkara ini telah disepakati oleh para ulama ahussunnah wal jama’ah.

Semangat para salaf dalam menuntut ilmu.

Turunnya semangat tholabul ilmi secara drastis sudah terjadi pada masa imam dzahabi.

Imam dzahabi murid syaikhul islam ibnu taymiyah pada abad tujuh hijriyah.

Di zaman sekarang tentu semangat tholabul ilmi sudah turun sangat jauh dan sangat drastis bahkan hampir-hampir nggak ada tholabul ilmi yang absen dari majelis ilmu kemudian bertanya kepada temannya tentang materi yang disampaikan ketika dia tidak hadir.

Umar bin khothob bergantian dengan tetangganya dalam menuntut ilmu di majelis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mereka berdua saling memberitahukan ilmu yang didapat dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada yang tidak hadir di majelis tersebut.

Orang yang paling berhak mendapatkan ilmu yang telah kita pelajari adalah keluarga kita.

Rasulullah pernah melakukan sumpah ila’ terhadap istri-istrinya selama satu bulan.

sumpah ila’ adalah sumpah seorang suami untuk tidak menggauli istrinya maksimal empat bulan, jika lebih dari empat bulan maka hakim berhak memerintahkan suami untuk kembali kepada istrinya atau menceraikannya.

Disunahkan mengucapkan الله أكبر ketika melihat sesuatu yang menggembirakan atau mengherankan.

Karena sesuatu yang menggembirakan/menakjubkan bisa membuat kita lalai dan menganggap mampu melakukan sesuatu sendiri tanpa campur tangan Allah.

Ketika naik kendaraan dan jalannya menanjak kita disunahkan untuk mengucapkan takbir الله أكبر untuk memangkas sikap sombong dari diri kita.

Ketika naik kendaraan dan jalannya menurun kita disunahkan untuk mengucap tasbih سبحان الله untuk memangkas keburukan yang mungkin bisa terjadi.

Marah ketika meyampaikan mau’idhoh karena melihat sesuatu yang dibenci dari jama’ahnya hukumnya diperbolehkan.

Bukan termasuk hikmah kalau seseorang tidak pernah marah sama sekali dalam menyampaikan mau’idhoh-mau’idhohnya ketika melihat kemungkaran.

Marah pada waktu yang tepat adalah wajar dan sangat bagus dan marah seperti itu termasuk salah satu tanda laki-laki.

Muadz bin jabal sering ikut sholat isya bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu setelah itu dia mengimami shalat isya kaumnya dan memanjangkan sholatnya.

Sesuatu yang baik hendaknya dilakukan dengan bijak supaya menghasilkan kebaikan.

Orang yang mengimami sholat jama’ah hendaknya meringankan bacaan al-qur’an sesuai sunah Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Surat-surat yang dibaca Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallan ketika sholat adalah ketika sholat maghrib yang dibaca adalah salah satu surat dari surat adh-dhuha sampai annas, sholat subuh surat qof sampai sebelum an-naba, sholat dhuhur dan asar dari an-naba sampai sebelum surat adh-dhuha.

Barang temuan:

Barang yang remeh dan tidak awet boleh diambil dan dimanfaatkan.
Barang yang remeh dan awet boleh diambil dan dimanfaatkan seperti uang seribu, dua ribu, lima ribu atau uang yang dianggap uang kecil oleh urf.

Barang yang hati orang-orang yang ekonominya menengah ke atas cenderung ingin memiliki barang-barang tersebut maka barang tersebut boleh kita ambil dan kita rawat lalu kita umumkan selama setahun dan jika barang tersebut tidak diambil bisa diambil orang yang tidak amanah maka kita wajib mengambilnya, merawatnya dan mengumumkannya selama setahun.

Jika menemukan kambing yang hilang boleh kita ambil tapi kalau pemiliknya datang meminta kambing tersebut harus dikembalikan.

Jika menemukan onta yang hilang tidak boleh diambil karena onta bisa kembali kepada pemiliknya.

Abu Layla Turahmin

Tinggalkan komentar