Fawaid Mukhtalifah 1

41 Pembaca

Fawaid Ta’lim Shohih Bukhori

CMC, senin 06 maret 2023, 15.53.

Sebagian sahabat mengambil al-qur langsung dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Tulang ekor manusia tidak akan hancur karena kelak pada hari kiamat manusia akan dibangkitkan dari alam kubur dan disusun kembali dari tulang ekornya.

Tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat kecuali Allah subhanahu wa ta’ala, bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengetahuinya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di utus di akhir zaman telah dekat sekali dengan datangnya hari kiamat, diibaratkan dekatnya seperti dekatnya antara jari telunjuk dan jari tengah.

Orang yang mahir hafalan al-qur’annya kelak akan dikumpulkan di surga dengan para malaikat yang mulia.

Orang yang terbata-bata bacaan al-qur’annya akan mendapat dua pahala yaitu pahala bacaanya dan pahala kesulitan dalam membacanya.

فعدلك dibaca dengan tasydid pada huruf dan dan bisa di baca tanpa tasydid.

Surat Al-Balad termasuk surat makiyah.

Qudar ibnu salif adalah manusia pertama yang paling buruk karena ia telah menyembelih onta Nabi Sholih ‘alaihissalam dan orang terakhir paling buruk adalah orang yang membunuh Ali bin Abi Tholib radhiyallahu ‘anhu.

Setiap orang telah ditentukan tempat tinggalnya di surga atau di neraka, kewajiban kita adalah berusaha sekuat tenaga untuk menjadi ahli surga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, اعملوا فكل ميسر لما خلق له. (Shohih Bukhori, Kitab Tafsir, Hal: 884, No: 4945 – 4949, Darussalam riyadh, Cet: 2, Dzulhijjah: 1419/maret 1999.

Salah satu bukti bahwa Allah subhanahu wa ta’ala yang menciptakan kita dan perbuatan kita adalah kita tidak bisa mengangkat kaki kiri kita lalu mengangkat kaki kanan kita tanpa menapakkan kaki kita terlebih dahulu.

Sebab turunnya surat Ad-Dhuha adalah karena ada sorang wanita kafir yang mengatakan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa setannya Nabi shallallahu’alaihi wa sallam telah meninggalkan beliau.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membaca surat At-Tin pada salah satu rekaat shalat isya. Shohih Bukhori, Hal: 886, No: 4952.

Pernah ada ahli kimia yang menguji kebenaran hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang cara memcuci bejana yang terkena jilatan anjing dan terbukti kebenarannya karena ketika bejana tersebut di cuci dengan air dan salah satunya dengan debu maka bekas jilatan anjing tersebut bersih tanpa ada bakterinya sama sekali, sedangkan ketika di cuci dengan pembersih lain bakteri tersebut tidak hilang hanya berkurang.

Istri sholihah adalah istri yang bisa menenangkan suaminya ketika suami sedang menghadapi masalah.

Namus adalah nama lain dari malaikat jibril. Shohih bukhori, Hal: 887, No: 4953.

Agama Islam adalah agama yang memerintahkan umatnya untuk rajin membaca supaya menjadi orang-orang yang cerdas.

Waroqoh ibnu Naufal adalah salah satu orang nasrani di masa jahiliyah yang ditanya oleh istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (Khodijah) tentang apa yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dapatkan di gua hiro’.

Waroqoh Ibnu Naufal termasuk penghuni surga berdasarkan berita Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sahabat-sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang-orang yang berkedudukan tinggi, muliakanlah mereka dan jangan sekali-kali mencelanya karena orang yang berani mencela mereka akan celaka.

I’aroh (pinjaman) adalah pembolehan penggunaan barang yang dipinjam.
Ijaroh (sewa) adalah kepemilikan manfaat.

Abu Layla Turahmin

Tinggalkan komentar