Fawaid Mukhtalifah 2

43 Pembaca

CMC, Selasa 07 maret 2023, 15. 45
Fawaid Ta’lim Shohih Bukhori

Tafsir surat An-nashr yang disampaikan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu adalah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam akan wafat karena dakwah telah sempurna. Kitab Shohih Bukhori, Kitab Tafsir, Hal: 891, No: 4967 – 4970, Darussalam, Cet: 2 Dzulhijjah 1419/maret 1999.

Jumlah rasul adalah 313 orang
Jumlah pasukan Thalut adalah sama dengan jumlah pasukan perang badar pertama di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan jumlahnya sama dengan jumlah rosul.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling terpercaya bahkan orang-orang musyrikin quraoisy mengakui kejujurannya karena beliau tidak pernah berdusta.

Istri Abu Lahab Namanya adalah Umu Jamil dan mereka berdua menjadi penghuni api neraka karena kafir dan selalu menyakiti Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Allah subhanahu wa ta’ala akan selalu menjaga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari gangguan manusia.

والله يعصمك من الناس

Allah subhanahu wa ta’ala adalah Zat yang maha tunggal, Allah tempat bergantung dan Allah tidak melahirkan dan tidak dilahirkan dan tidak ada yang setara dengan-Nya.

Setan akan pergi dari orang yang selalu berdzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala akan menetep di hati orang yang tidak berdzikir kepada-Nya.

Ayat pertama yang turun kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah surat al’alaq.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah di Mekah selama 13 tahun dan di Madinah 10 tahun, beliau diangkat jadi nabi usia 40 tahun, jadi umur beliau adalah 63 th.

Dakwah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di Mekah selama tiga tahun jika dakwah siriyah tidak dihitung maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah di Mekah selama 10 tahun. Shohih Bukhori, Kitab Fadhoilil Ilmi, Hal: 893, No: 4978 & 4979.

Malaikat Jibril pernah mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyerupai sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bernama Dihyah.

Ketika umroh tidak boleh memakai minyak wangi, bagi yang memakai minyak wangi wajib mencucinya 3 kali dan tidak boleh memakai pakaian berjahit (bagi laki-laki).

Zaid bin tsabit radhiyallahu ‘anhu adalah orang yang ditugaskan menulis wahyu oleh Kholifah Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu dan yang mengusulkan supaya al-Qur’an dibukukan adalah Umar bin Khothob radhiyallahu ‘anhu.

Pada masa Usman bin affan radhiyallahu ‘anhu al-Qur’an disalin ulang dari mushaf yang ditulis di masa Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu yang disimpan sayyidah Hafsshoh radhiyallahu ‘anhu dan disatukan bacaannya, setelah itu semua al-Qur’an selain yang telah ditulis dimasa Usman di bakar.

Orang yang meletakkan al-Qur’an di tempat-tempat kotor telah KAFIR.

Tukang sihir akan sukses memiliki ilmu sihir jika telah benar-benar kafir kepada Allah subhanahu wa ta ‘ala, seperti meletakkan al-Qur’an di tempat buang hajat, menulis al-Qur’an dengan darah haidh, air kencing atau kotoran. Na’udzubillah dari ilmu sihir, jauhi dan tinggalkan jangan pernah dipelajari.

Hukuman bagi tukang sihir kalau sampai untuk membunuh orang adalah dihukum bunuh sebagai qisos atau kalau sampai kafir maka hukumnya dibunuh juga.

Al-Qur’an adalah kitab yang dijaga oleh Allah subhanahu wa ta’ala selama-lamanya sehingga tidak ada kesalahan sedikitpun didalamnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan ketika memasuki bulan ramadhon melebihi bulan-bulan lain diluar bulan ramadhan.

Ibnu Mas’ud radhiyallahu anhu mengambil al-Qur’an secara langsung dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebanyak 70 lebih surat al-Qur’an.

Tidak boleh menulis al-Qur’an dengan selain bahasa arab dan tulisannya harus persis dengan tulisan al-qur’an yang telah ditulis dimasa Usman bin Affan radhiyallahu ‘anhu dan tidak boleh merubah urutan ayat dan surat yang ada di al-Qur’an.

Waktu paling utama untuk membaca al-Qur’an adalah malam hari karena Malaikat Jibril membacakannya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada malam hari.

Penulis Al-qur’an dimasa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Ubay ibnu Ka’b, Muadz bin Jabal, Zaid bin Tsabit dan Abu Zaid. Mereka semua berasal dari Kaum Anshor.

Surat paling agung dalam al-Qur’an adalah surat al-fatihah.

Surat al-Fatihah bisa digunakan untuk ruqyah bahkan zaman dahulu bisa digunakan untuk ruqyah karena sengatan kala jengking beracun sampai sembuh.

Selalu bertafaul yang baik ketika sakit ucapkan insyaallah akan segera sembuh.

Dahulu ada sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang meruqyah ketua suku yang terkena sengatan kalajengking beracun dengan bacaan surat al-fatihah sampai sembuh dan dibayar dengan 30 ekor onta.

Membaca ayat kursi sebelum tidur akan dijaga dari setan yang terkutuk.

Membaca dua ayat akhir surat al-Baqarah boleh dimulai sejak tenggelam matahari, dan yang membacanya akan dijaga dari keburukan sampai pagi. Shohih Bukhori, Bab fadhli surat Baqoroh, Hal: 898, No: 5008-5009.

Mencuri harta zakat kaum muslimin yang sudah dikumpulkan tidak dihukum potong tangan karena ada subhat di situ yaitu bisa jadi pencuri itu punya hak mendapat bagian harta zakat itu.

Keutamaan surat al-Ikhlas dibaca tiga kali seperti telah menghatamkan al-qur’an karena bacaan surat tersebut sekali setara dengan sepertiga al-Qur’an, HR: Al-Bukhori, No: 513

Abu Layla Turahmin
16.45

Tinggalkan komentar