Fawaid Musnad Imam Syafi’i 6

47 Pembaca

Musnad Imam Syafi’i rahimahullahu ta’ala
Masjid Pusat ICBB
Sabtu 11 maret 2023
19.49 – 21.15

Fawaid Musnad Imam Syafi’i 6

Dahulu dizaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ada pokok pohon kurma yang menangis karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika khutbah jum’at yang biasanya berdiri di pokok pohon kurma itu pindah ke mimbar yang dibuat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam khutah jum’at.

Termasuk fardhu khutbah adalah adanya jeda antara khutbah pertama dan kedua dengan duduk sebentar.

Khutbah dilakukan sambil berdiri.

Hadis mursal adalah hadis dhoif dan bisa menjadi kuat jika ada penguatnya dari hadis-hadis lain.

Jika khotib sedang berkhutbah maka jama’ah harus mendengarkan dan tidak boleh berbicara, barangsiapa mengucapkna diam atau sstt… maka jum’atnya sia-sia.

Jika sedang mendengarkan khutbah jum’at dan ada orang yang memberi salam, ada dua pendapat: Ada yang berpendapat menjawab salam tersebut dan ada yang berpendapat tidak menjawab salam tersebut dan hendaknya orang yang masuk masjid ketika ada khutbah tidak mengucapkan salam.

Kaidah fiqoh الإيثار في القرب مكروه mengutamakan orang lain dalam melakukan ibadah adalah makruh, seperti memberi kesempatan kepada orang untuk duduk di shof pertama dan dia sendiri kemudian duduk di shof belakangnya atau seseorang punya air untuk berwudhu tapi air tersebut diberikan kepada orang lain dan dia sendiri bertayamum.

Surat paling sering dibaca Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat jum’at adalah surat al-a’la dan surat al-ghosiyah.

Ketika mengucapkan shalawat hendaknya diucapkan dengan sejelas dan sefasih mungkin.

Orang yang meninggalkan tiga kali shalat jum’at secara berturut-turut tanpa udzur maka Allah subhanahu wa ta’ala akan menutup hatinya (menjadi orang munafik).

Wiktah (وكتة) titik berwarna putih.

Kelak di akhirat orang-orang beriman akan melihat Allah subhanahu wa ta’ala secara langsung dengan mata kepala mereka tanpa berdesak-desakan.

Waktu mustajab untuk berdoa di hari jum’at:

Ketika Imam diam sebentar pada saat duduk diantara dua khutbah.

Disunahkan berdoa dan menengadahkan tangan ketika imam duduk diantara khutbah pertama dan kedua.

Hajjaj bin Yusuf adalah salah seorang penguasa yang haus darah,

1.120 orang dibunuh olah Al-Hajjaj bin Yusuf dan yang terakhir dibunuh adalah sa’id bin jubair tabi’in kibar rohimahullahu ta’ala.

Waktu mustajab dihari jum’at adalah diwaktu antara setelah asar sampai sebelum tenggelamnya matahari.

Hendaknya sebelum ke masjid untuk menghadiri jum’atan mandi terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Takbir iedul adha dimulai subuh hari arofah sampai akhir hari tasyrik.

Ketika masuk lapangan (musholla) untuk sholat ied ada shalat tahiyyatul masjid karena lapangan tersebut diqiyaskan dengan masjid, (pendapat sebagian ulama).

Khutbah ied dilakukan setelah shalat ied bukan sebelum shalat ied dan jika dilakukan sebelum shalat termasuk bid’ah, meskipun tujuannya supaya jam’ah tidak bubar dulu karena belum shalat.

Madzhab syafi’i takbir sholat ied dan istisqo di rekaat pertama tujuh kali setelah takbirotul ihron dan di rekaat kedua lima kali setelah takbirotul ihrom.

Khutbah shalat ied dilakukan dua kali, ada yang berpendapat sekali dan masalah ini adalah masalah yang longgar, jika kebiasaan di masyarakat dilakukan dua kali maka khutbah dilakukan dua kali supaya tidak menimbulkan fitnah.

Surga dan neraka pernah diperlihatkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Para syuhada di akhirat akan dinikahkan dengan dua bidadari dan ditambah tujuh puluh bidadari lainnya.

Selain syuhada dinikahkan dengan dua bidadari.

Wahn (الوهن) adalahbpenyakit cinta dunia dan takut mati.

Abu Layla Turahmin, M.H.

Tinggalkan komentar