Fawaid Penting

41 Pembaca

Kajuan Shohih Bukhori
Senin 27 februari 2023
CMC, 15.40

Fawaid Ta’lim

Hendaknya kita membaca kisah Nabi Sulaiman ‘alaihissalam dan Ratu Saba’.

Ratu saba’ memiliki arsy (singgasana) yang besar, indah dan mahal harganya.

Ratu Balqis adalah ratu yang cerdas ia menguasai negeri yaman.

Nabi Sulaiman ‘alaihissalam memindahkan singgasana Ratu Balqis dan merobah sedikit singgasana tersebut sehingga membuat Ratu Balqis ragu ketika ditanya apakah itu singgasananya atau bukan, dan jawaban cerdasnya adalah “Sepertinya itu singgasanaku”.

Di istana Nabi Sulaiman ‘alaihissalam terdapat sebuah kolam yang berisi air dan ditutup dengan kaca dan orang yang melihatnya seperti air tanpa tutup sehingga ketika Ratu Balqis disuruh lewat di atas kolam tersebut ia mengangkat pakaiannya sampai terlihat betisnya.

Hanya Allah yang kuasa memberi hidayah taufik kepada manusia.

Ketika paman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang sakarotul maut Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memintanya untuk mengucapkan kalimat syahadat tapi ia tidak mengucapkannya sehingga akhirnya meninggal dalam keadaan musyrik, karena pada saat itu ada pembesar orang-orang musyrik yang membujuk Abu Tholib supaya tetap kafir.

Hendaknya kita menjenguk orang sakit dan menunggui orang yang hendak meninggal dunia untuk membantunya dengan talqin.

Fitroh adalah Islam.

Dosa syirik adalah dosa terbesar dan tidak akan diampuni oleh Allah subhanahu wa ta’ala jika seseorang mati dalam keadaan menyekutukan-Nya dan tidak sempat bertaubat.

Iman adalah beriman kepada Allah, kepada para malaikat-malaikat-Nya, kepada kitab-kitab-Nya, kepada para rosul-Nya, kepada pertemuan dengan-Nya, kepada hari kebangkitan dan beriman kepada taqdir-Nya yang baik dan yang buruk.

Islam adalah beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatupun, menegakkan sholat, menunaikan zakat yang wajib, berpuasa dibulan ramadhan dan berhaji ke baitullah jika mampu melaksanakannya.

Ihsan adalah “Menyembah Allah seolah-olah melihatnya jika tidak mampu melihat-Nya (dan memang tidak ada yang bisa melihat Allah subhanahu wa ta’ala di dunia ini) akan tetapi sesungguhnya Allah melihatnya.

Tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat karena yang mengetahuinya hanya Allah subhanahu wa ta’ala saja.

Nikmat surga adalah nikamat yang tidak pernah terlihat mata, tidak pernah terdengar telinga dan tidak pernah terbetik di hati manusia.

Huzaimah adalah salah seorang sahabat yang cerdas dan persaksiannya sama denga persaksian dua orang.

‘Aisyah adalah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling beliau cintai.

Al-Hikmah adalah As-Sunnah.

Kiblat pertama kaum muslimin adalah baitul maqdis kemudian pindah ke masjidil harom.

Umar memiliki beberapa keinginan dan disetujui oleh Allah subhanahu wa ta’ala yang disebutkan dalam al-qur’an seperti ayat tentang hijab.

Jika bertamu dan telah dihidangkan makan maka setelah selesai makan hendaknya segera pulang jangan berlama-lama di tempat tersebut.

Mahrom karena susuan sama dengan mahrom karena nasab.

Sholawat Allah subhanahu wa ta’ala kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adah pujian Allah subhanahu wa ta’ala kepadanya dan sholawat para malaikat kepada Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam adalah doa para malaikat kepadanya.

Manusia dan jin kelak akan dihisab pada hari kiamat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang sangat tawadhu’.

Al-Ikhtlaq (dengam huruf kho) = Al-Kadzib

Tidak ada sujud ketika membaca surat shod.

Ifrit adalah termasuk golongan jin.

Nabi yang menguasai Jin adalah Nabi sulaiman ‘alaihissalam.

Termasuk ilmu adalah menjawab pertanyaan yang tidak diketahui jawabannya dengan jawaban wallahu a’lam.

Orang-orang yahudi tidak mengagungkan Allah subhanahu wa ta’ala sebagaimana mestinya.

Allah adalah Zat yang maha tinggi.

Jika seseorang mengetahui keagungan Allah subhanahu wa ta’ala maka ia tidak akan berani bermaksiat kepada Allah meskipun dosa kecil karena yang menjadi paatokannya bukan seberapa besar dosa tersebut tapi kemaha besaran Zat yang dimaksiati.

Arsy, kursi, surga, neraka, bidadari dan ruh adalah makhluk-makhluk yang tidak akan binasa pada hari kiamat karena Allah subhanahu wa ta’ala menetapkannya sebagai makhluk yang kekal.

Allah akan mengampuni dosa-dosa orang yang ihlas.

Termasuk ancaman adalah firman Allah yang berbunyi,

اعملوا ما شئتم

“Berbuatlah sesukamu!”

Abu Layla Turahmin
17.02

Tinggalkan komentar