Fawaid Taklim Shahih Muslim Rabu 26 Juni 2024

41 Pembaca

Muallim syaikh Arif Anwar

Para sahabat sangat bersemangat untuk melaksanakan perintah-perintah Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bakhin, bakhin adalah kalimat yang biasa digunakan di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengungkapkan kekaguman terhadap sesuatu yang besar.

Para sahabat rela berkurban harta yang mereka miliki demi melaksanakan perintah Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaii wa sallam.

Memberikan sedekah kepada karib kerabat mendapat dua pahala yaitu pahala menyambung kekerabatan dan pahala sedekah.

Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam sering mendorong kaum muslimin dan muslimat untuk bersedekah, meskipun hanya dengan sesuatu yang sederhana.

Jika seseorang memberi nafkah kepada keluarganya dengan niat ikhlas dan mengharapkan pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala dia akan mendapat pahala dari-Nya.

Meskipun orang tua seseorang masih musyrik atau non muslim tetap wajib baginya untuk menyambung silaturahmi dan berbuat baik kepada orang tuanya tersebut.

Boleh hukumnya bagi seorang istri memberikan sedekahnya kepada suaminya.

Lebih baik pinjam uang kepada saudara atau orang lain daripada pinjam uang atau minta uang kepada istri meskipun sang istri memiliki harta yang banyak, karena dapat mengurangi derajat keqowamahannya di rumah, dan istri merasa berada di atas angin sehingga bisa merendahkan suaminya.

Termasuk adab yang penting bagi seorang istri adalah tidak memanggil suaminya dengan menyebut namanya secara langsung tapi memanggilnya dengan sebutan ya sayyidi, ya maulayya, atau dalam kebiasaan orang Indonesia dengan panggilan mas atau pak.

Ketika memanggil orang hendaknya menggunakan bentuk jamak seperti antum bukan anta sebagai bentuk penghormatan kepadanya.

Seorang istri ketika membantu suaminya dengan harta yang dimilikinya hendaknya jangan koar-koar kepada orang lain dengan memberitahukan hal tersebut kepada mereka.

Jika seorang ibu memanggil anaknya dan anaknya sedang shalat sunah maka anak tersebut harus membatalkan shalat sunahnya, kemudian memenuhi panggilan ibunya, karena memenuhi panggilan ibu hukumnya wajib dan sesuatu yang wajib harus didahulukan daripada sesuatu yang sunah.

Kisah Juraij, seorang ahli ibadah dia mendapat ujian fitnah dari seorang pelacur yang mengandung dan mengaku anak yang dikandungnya adalah anak Juraij disebabkan doa ibunya ketika marah kepadanya karena ketika shalat sunah dipanggil ibunya dia tidak menjawab tapi malah melanjutkan shalat sunahnya.

Zakat boleh diberikan kepada karib kerabatnya yang bukan menjadi tanggung jawabnya untuk memberi nafkah kepadanya, seperti kakak, adik, paman dan lain-lain.

Memberikan zakat kepada karib kerabat selain yang wajib dinafkahi akan mendapat dua pahala, pahala zakat dan pahala menyambung silaturahmi.

Jika atau dua kewajiban yang bertemu tidak boleh saling mengganti tapi keduanya harus dilaksanakan sendiri-sendiri.

Suami tidak boleh memberikan zakatnya untuk istrinya karena istri menjadi tanggung jawabnya, tapi istri boleh memberikan zakatnya kepada suaminya jika memang suaminya termasuk miskin dan berhak mendapat zakat, istri akan mendapat pahala dobel.

Boleh menggabungkan dua atau lebih niat ibadah shalat sunah untuk satu kali shalat sunah.

Doa, sedekah dan haji yang diniatkan untuk orang yang sudah meninggal pahalanya sampai kepada mayit.

Menyedekahkan bacaan Al Quran  untuk mayit menurut Imam Syafi’i pahalanya tidak sampai kepada mayit tersebut, sementara ulama lain berpendapat pahala tersebut akan sampai kepada mayit.

Ketika selesai membaca Al Quran  atau khatam Al Quran  hendaknya seseorang memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala supaya orang tuanya yang sudah meninggal juga diberi pahala yang sama dengan apa yang akan diberikan kepadanya.

Sedekah yang paling utama adalah sedekah air, misalnya membuat sumur umum, atau membuat aliran air. Meskipun orang tersebut sudah meninggal dunia pahalanya tetap akan dia dapatkan.

Amal jariah paling utama adalah mengajarkan ilmu kepada orang lain, meskipun dia telah meninggal dunia, pahalanya tetap akan dia dapatkan sampai hari kiamat kelak dan orang yang paling besar pahalanya adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena semua ilmu din beliau yang pertama sekali mengajarkannya.

Sedekah paling utama adalah sedekah yang dikeluarkan ketika seseorang sedang banyak harta dan butuh kepada harta tersebut.

Tidak boleh bersifat bakhil terlebih kepada diri sendiri, gunakanlah uang untuk kebutuhan hidup sehari-hari tanpa berlebihan.

Orang yang mau berinfak Allah akan memberikan rizki kepadanya.

Pada setiap tahmid, tahlil dan takbir yang diucapkan seseorang terdapat sedekah yang besar pahalanya bahkan orang yang melakukan hubungan badan dengan istrinya dihitung sebagai sedekah dan mendapat pahala yang besar.

Para sahabat adalah orang-orang yang bersemangat untuk berlomba-lomba melakukan amal shalih.

Jika seseorang tidak mampu bersedekah dengan hartanya maka dia bisa bersedekah dengan cara amar makruf, jika tidak mampu dia bisa bersedekah dengan meninggalkan perbuatan buruk.

Setiap perkara makruf yang dilakukan seseorang dihitung sebagai sedekah, membantu seseorang mengangkat barang ke punggungnya atau ke kendaraannya atau membawakannya juga termasuk sedekah, hendaknya seseorang menghidupkan perbuatan-perbuatan baik seperti itu.

Orang yang menggauli istrinya dihitung sebagai sedekah.

Orang yang berzina mendapat dosa besar.

Setiap anak adam memiliki 360 persendian yang wajib disedekahi setiap hari tapi sedekah tersebut bisa cukup diganti dengan shalat dhuha dua rekaat.

Hendaknya seseorang sejak kecil selalu membiasakan niat yang baik ikhlas karena Allah subhanahu wa ta’ala setiap kali melakukan perbuatan baik, supaya terlatih dan menjadi kebiasaannya.

Dalam sunah/hadis-hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terdapat mukjizat-mukjizat yang sangat besar yang terbukti kebenarannya di zaman modern ini.

Al Quran dan mukjizat yang terdapat dalam hadis-hadis Nabi shallallahu ‘alaii wa sallam merupakan bukti kebenaran kenabiannya.

Shalat sunah dhuha termasuk shalat sunah muakkad, minimal dua rekaat maksimal delapan rekaat.

Di akhir zaman kelak jumlah wanita akan jauh lebih banyak daripada jumlah perempuan.

Tidak akan terjadi hari kiamat sampai nanti orang-orang akan mencari orang yang mau menerima sedekah tapi tidak ada yang mau menerimanya karena semua orang sudah kaya dan ingin bersedekah bahkan di zaman sekarang sudah ada negara-negara yang mayoritas kaya raya dan kesulitan membayar zakat.

Setiap hari ada malaikat-malaikat yang mendoakan supaya orang yang pelit supaya disulitkan rizkinya dan orang yang rajin berinfak supaya diberi rizki yang melimpah, termasuk orang yang rajin memberi makan binatang peliharaannya.

Di akhir zaman kelak akan ada orang yang membawa emas besar keliling untuk mencari orang yang mau menerimanya sebagai zakat tapi tidak ada yang bersedia karena semua orang sudah kaya.

Di akhir zaman kelak satu orang laki-laki akan bertanggung jawab, melindungi dan menafkahi lima puluh wanita.

Harta bisa menimbulkan perpecahan di antara sesama saudara kandung.

Setiap anak berhak mendapat warisan dari tinggalan harta orang tuanya termasuk wanita.

Al Fakir ilallah

Abu Layla Turahmin, M.H.

Tinggalkan komentar