Ilmu

42 Pembaca

Kajian shohih Bukhori
Masjid Jamilurrohman, 23 Desember 2022

Sebab-sebab kesalahan imam ketika membaca Al-Qur’an:

  1. Kesalahan tersebut merupan taqdir dari Allah subhanahu wa ta’ala yang terjadi karena ada penyebabnya.
  2. Kesalahan tersebut disebabkan karena kekeliruan-kekeliruan makmum, seperti kurang perhatian dalam thoharoh sehingga ada diantara makmum yang kurang sempurna dalam bersuci.

Disunnahkan bersiwak karena siwak merupakan sunah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam yang sangat ditekankan, ada kurang lebih 100 hadis yang menjelaskan tentang pentingnya bersiwak, bahkan Nabi shallallhu ‘alaihi wa sallam sebelum meninggal perbuatan terakhirnya adalah bersiwak.

Kesalahan pemimpin sering disebabkan karena keburukan masyarakat, sebab pemimpin adalah gambaran nyata keadaan masyarakat yang dipimpinnya.

Kitabul Ilmu
Anjuran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada tamunya yaitu Abdul Qois yang berasal dari bahroin bersama sahabat-sahabatnya yang jumlahnya ada 20 orang, yang mereka datang mengunjungi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam guna minta diajari tentang iman dan Islam, lalu nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan supaya mereka menghafal apa yang akan disampaikannya dan supaya mereka menyampaikannya kepada kaumnya.

Menghafal merupakan kebiasaan penting yang dilakukan oleh para ulama.

Ilmu adalah sesuatu yang dihafal dan terpatri di dalam hati bukan yang tertulis di dalam kitab.

Yatakhassu ‘ala hifdzil ilmu tulisan Ibnul Jauzi.

Kewajiban orang yang telah belajar ilmu adalah menyampaikannya kepada orang lain.

Adab menerima tamu adalah menanyakan nama dan asal usulnya, supaya bisa menambah kedekatan tuan rumah dengan para tamunya.

Adab tamu ketika ditanya tuan rumah tentang nama dan asal usulnya adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik dan jujur.

Termasuk adab menerima tamu adalah memberi kabar gembira kepada mereka.

Di bulan-bulan haram biasanya orang-orang kafir jahiliyah melakukan gencatan senjata, tidak melakukan peperangan, perampokan maupun pembunuhan bahkan jika mereka melihat pembunuh orang tuanya di bulan-bulan tersebut mereka tidak menangkapnya.

Utusan dari bahroin tersebut berkunjung kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam di bulan haram supaya aman.

Adab orang yang ditanya sesuatu dan tidak mengetahui jawabannya adalah mengucapkan Allahu wa Rasuluhu a’lam jika pertanyaan tersebut terkait masalah agama atau mengucapkan saya tidak tahu.

Wallahu a’lam adalah perisai ahli ilmu, jika mereka ditanya tentang ilmu dan mereka tidak mengetahui jawabannya mereka mengucapkan Allahu wa Rasuluhu a’lam dan jawaban tersebut bukan merupakan aib.

Bahkan imam Syafi’i mempunyai qoulul qodim dan qoulul jadid.

Para ulama sering menjawab pertanyaan yang sama dan didapati ada beberapa jawaban yang berbeda-beda dan hal ini bukan merupakan aib.

Akidah seluruh aimmah adalah sama tidak ada perbedaannya sama sekali, akidah Imam Syafi’i, Imam Malik, Imam Ahmad dan Imam Abu Hanifah adalah semua sama tidak ada perbedaannya sama sekali.

Nabi memerintahkan mereka supaya hanya beriman kepada Allah semata dan menjelaskan makna iman yaitu bersyahadat laa illaha illallah , menegakkan sholat, menunaikan zakat, berpuasa ramadhon dan menyerahkan lima persen harta rampasan perang kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam.

Iman ketika disebutkan secara tersendiri iman termasuk Islam demikian juga sebaliknya Islam jika disebutkan secara tersendiri Islam termasuk iman, tapi jika disebutkan secara bersamaan maka iman dan Islam memiliki definisi masing-masing.

Labu (waluh kenthi) merupakan makanan yang sangat bagus untuk kesehatan terutama bagi orang yang baru sembuh dari sakit.

Kurma yang direndam satu hari satu malam, dua hari dua malam dan tiga hari tiga malam boleh diminum dan direkomendasikan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam (kalau setelah empat hari empat malam ana lupa apakah masih boleh diminum atau tidak) kalau rendaman kurma itu lebih dari empat hari empat malam hukumnya haram karena telah berubah menjadi khomer.

Kulit labu jika dikeringkan dan bisa dijadikan sebagai bejana Karena kulit labu itu keras.

Boleh merendam kurma, kismis atau madu dalam bejana apapun sampai tiga hari tiga malam.

Madu asli bisa direndam dalam air selama sehari semalam, dua hari dua malam atau tiga hari tiga malam kemudian diminum dan sangat bagus bagi kesehatan.

Khomer adalah segala sesuatu yang bisa menutupi akal kita atau semua yang memabukkan.

Abu Layla Turahmin

Jam 05.43

Tinggalkan komentar