Jangan Membuat Bid’ah dalam Agama

90 Pembaca

عَنْ أُمِّ الْمُؤْمِنِيْنَ أُمِّ عَبْدِ اللهِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهَ وَسَلَّمَ: مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ. وَفِيْ رِوَايَةٍ لِمُسْلِمٍ: “مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهَ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Dari Ummul Mukminin Ummu Abdillah Aisyah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa membuat-buat perkara baru dalam urusan (agama) kami yang bukan termasuk bagian darinya maka amalan tersebut tertolak”. HR: Bukhori dan Muslim. 

Dalam riwayat Muslim, “Barangsiapa mengerjakan amalan yang tidak ada perintahnya dari kami maka amalan itu tertolak”.

Penjelasan

Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha salah satu Istri Nabi shallallah ’alaihi wa sallam yang berkuniyah Ummu Abdillah menjelaskan larangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk membuat-buat perkara baru (bid’ah) dalam Islam, dan Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan menerima amalan tersebut bahkan Dia juga tidak akan menerima amalan dari orang yang mengerjakan amalan yang termasuk bid’ah meskipun orang itu tidak membuat bid’ah sendiri, hanya sekedar mengikuti orang lain.

Kenapa bid’ah dilarang dan orang yang membuat-buatnya serta orang yang mengerjakannya tidak akan diterima amalah tersebut oleh Allah subhanahu wa ta’ala?

Alasannya adalah karena bid’ah ini sangat berbahaya dan sangat merugikan Islam serta orang yang membuatnya itu sendiri. 

Bid’ah bisa mencoreng nama baik Islam karena perbuatan itu telah menyimpang dari ajaran baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menyesatkan orang yang membuat-buatnya dan orang yang mengamalkannya, bahkan Allah tidak akan menerima amalan tersebut sebagus apapun bid’ah yang dibuatnya atau yang dikerjakannya, sehingga amalannya itu sia-sia belaka. 

Orang yang berbuat bid’ah secara tidak langsung telah menuduh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak amanah dalam menyampaikan apa yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepadanya, sebab ada sesuatu yang menurut orang tersebut tidak disampaikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sehingga dia perlu membuatnya.

Bid’ah akan mematikan sunah yang sejenis, bid’ah akan menyebabkan pembuat dan pelakunya terancam api neraka.

Mutiara Hadis

  1. Berkuniah termasuk salah satu sunah yang hendaknya dilaksanakan oleh kaum muslimin.
  2. Dilarang membuat-buat perkara baru dalam bidang agama yang bukan termasuk bagian dari ajaran agama islam.
  3. Amalan membuat bid’ah tidak akan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.
  4. Amalan bid’ah tidak akan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala sehingga perbuatannya itu sia-sia belaka.
  5. Bid’ah termasuk kesesatan yang dilarang dalam Islam.
  6. Orang yang berbuat bid’ah sama halnya dengan menuduh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak amanah dalam menyampaikan ajaran yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepadanya.
  7. Bid’ah akan mematikan sunah yang sejenis.
  8. Perintah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengerjakan sunnah.
  9. Ittiba’ atau mencontoh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam ibadah termasuk syarat diterimanya amalan tersebut.
  10. Hendaknya seseorang berhati-hati dan waspada jangan sampai terjatuh ke dalam bid’ah.
  11. Hendaknya seseorang selalu berusaha untuk mempelajari sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam supaya amal ibadahnya sesuai dengan petunjuknya.
  12. Hendaknya seseorang rajin menuntut ilmu supaya amal ibadahnya benar.
  13. lebih baik sedikit amalannya tapi sesuai sunnah daripada banyak amalannya tapi amalan itu bid’ah.

Ikuti terus updatenya…

Insyaallah sangat bermanfaat.

Tinggalkan komentar