SIKSAAN BAGI PENGHUNI NERAKA

40 Pembaca

Ust Firandha andirja
Sabtu, 15 juli 2023

QS: shod ayat: 55

Metode Allah subhanahu wa ta’ala dalam mendidik manusia dalam al-Qur’an menggunakan metode motifasi dan ancaman supaya manusia memiliki sifat roja’ (harapan) dan khof (takut).

Orang-orang yang melampaui batas di dunia ini mereka kelak di akhirat akan kembali ketempat yang paling buruk yaitu neraka.

Pendapat para ulama tentang makna thoghiin:

Ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan thoghiin/orang-orang yang melampaui batas adalah semua penduduk api neraka.

Ada juga yang berpendapat bahwa maksud thoghin adalah para pembesar ketika di dunia yaitu para pembesar yang melampaui batas.

Orang-orang yang melampaui batas kelak akan di masukkan ke dalam api neraka.

Lafadz jahannam ada yang berpendapat berasal dari bahasa arab ada yang berpendapat dari bahasa asing kemudian diserap ke dalam bahasa arab.

Sebagian ulama ada yang berpendapat bahwa jahannam berasal dari bahasa ibrani yaitu jihano yang artinya adalah lembah yang digunakan untuk membuang orang-orang jahat.

Neraka jahannam sangat dalam dan sangat luas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendengar suara batu yang jatuh di dasar api neraka yang telah dilemparkan sejak tujuh puluh tahun sebelumnya.

Penghuni api neraka jahannam dibakar dari semua sisi tidak ada satu pun bagian tubih mereka yang tidak terkena siksaan bakaran itu.

Penghuni neraka dibakar terus-menerus tanpa ada jeda waktu.

Setiap kali kulit penghuni neraka terbakar akan diganti dengan kulit yang baru supaya mereka merasakan siksaan api neraka.

Alas tidur penghuni neraka dan selimutnya berasal dari api.

Jahannam merupakan tempat kembali yang paling buruk.

Di neraka jahannam para penghuni neraka diberi air minum yang sangat panas dan setelah diminum air tu akan mencabik-cabik perut mereka.

Para penghuni neraka merasakan haus dan lapar yang sangat luar biasa.

Mereka merasa lapar dan haus yang sangat karena sebelumnya telah berdiri menunggu hisab di padang mahsyar selama limapuluh ribu tahun.

Pendapat ulama tentang makna ghossaq:

Pertama: ghossaq artinya adalah semua cairan bau yang keluar dari tubuh penghuni neraka. Cairan tersebut tidak dibuang tapi dikumpulkan sebagai minumannya.

Kedua: yang dimaksud ghossaq adalah minuman yang sangat dingin dan sangat menyiksa jika diminum dan minuman tersebut mampu merobek perut-perut/tubuh-tubuh mereka.

Ketiga ghossaq adalah cairan nanah yang yang sangat berbau busuk, sangat dingin dan merobek tubuh-tubuh mereka.

Siksaan di dalam api neraka sangat banyak.

Di neraka ada azab-azab lain yang berpasang-pasangan.

Azwaj bisa bermakna pasangan yang berbeda dan bisa juga bermakna pasangan yang sejenis.

Di dalam api neraka terdapat siksaan di suruh naik dan ada siksaan dengan cara dilemparkan ke bawah.

هذا فوج مقتحم معكم
Faujun adalah sekompok orang yang jumlahnya sangat besar.

Penghuni neraka masuk ke dalam neraka secara bertahap ada yang masuk terlebih dahulu dan ada yang masuk belakangan, mereka masuk secara berkelompok-kelompok.

Para penghuni api neraka saling mencela.

Di dalam api neraka tidak ada ucapan marhaban (selamat datang) karena mereka akan disiksa dalam api neraka tersebut.

Penduduk api neraka saling berbantah-bantahan dan saling menyalah-nyalahkan.

Penduduk api neraka saling bermusuhan meskipun didunia mereka saling bersahabat.

Penduduk api neraka yang ketika di dunia hanya sebagai pengikut pembesar-pembesar orang-orang kafir mereka memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala supaya pembesar-pembesar tersebut ditambah azabnya dengan tujuan supaya mereka sendiri diberi keringanan azab.

Para pengikut pembesar-pembesar orang-orang kafir yang dimasukkan ke dalam api neraka tidak mendapatkan udzur karena ketika mereka mengikuti pembesar-pembesar tersebut di dunia, mereka mengikutinya dengan penuh kesadaran.

Kebiasaan orang-orang musyrik dahulu di dunia suka mengejek dan mentertawakan orang-orang beriman ketika bertemu mereka bahkan ejekan tersebut dilakukan terus sampai setelah mereka tiba di rumah.

Para penghuni neraka saling bertengkar dan mereka di azab secara fisik dan secara mental.

Penghuni neraka melihat penghuni surga dan ini merupakan siksaan batin tersendiri.

Abu layla Tudahmin, M.H.
Sabtu, 15 juli 2023
Jam, 05.59.


Tinggalkan komentar