Syarah Shahih Muslim, Selasa 02 Juli 2024

28 Pembaca

Fawaid Ta’lim
Pemateri Syaikh Arif Anwar

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam sering menganjurkan umatnya untuk senantiasa berinfak agar mendapat pahala yang banyak.

Dalam terlalu perhitungan ketika bersedekah, perbanyaklah sedekah tanpa menghitung-hitungnya nisacaya Allah Subhanahu Wa Taala akan melancarkan rizkinya untuknya.

Jangan terlalu mengingat-ingat sedekah yang telah diberikan kepada orang lain karena hal itu akan menyebabkan seseorang berhenti sedekah karena merasa sudah banyak sedekahnya.

Teruslah bersedekah maka Allah akan membukankan pibtu rizki yang luas untukmu.

Bersedekahlah meskipun hanya sesuatu yang sederhana meskipun hanya sekedar kaki kambing.

Orang-orang yang akan mendapat naungan dari Allah di Akhidat kelak yang pada waktu itu tidak ada naungan selain naungan dari-Nya (naungan ArsyNya):

Pemuda yang tumbuh dalam keadaan beribadah kepada Allah Taala (hal ini merupakan dorongan dari Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam supaya khususnya para pemuda semangat beribadah kepada Allah Ta’ala.

Orang yang hatinya selalu terikat dengan Masjid.

Pemimpin yang adil (termasuk suami yang adil kepada anak dan istrinya dan istri yang adil terhadap anak-anaknya).

Seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang cantik, berkedudukan dan punya nasab baik tapi dia menolaknya karena takut kepada Allah Ta’ala.

Dua orang laki-laki yang bertemu karena Allah dan berpisah juga karena Allah Ta’ala, saling mencintai karena Allah Ta’ala.

Orang yang bersedekah secara sembunyi-sembunyi, iabaratnya ketika bersedekah tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kananya karena saking merahasiakan sedekahnya tersebut.

Seorang laki-laki yang sendirian mengingat Allah Ta’ala kemudian menangis karena ingat dosa-dosanya.

Sedekah paling agung adalah sedekah dari seseorang yang dalam keadaan sehat, kaya (berkecukupan) dan dia sangat menyukai hartanya tersebut.

Seseorang hendaknya selalu menggunakan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya jangan sampai terlambat, ketika kaya perbanyaklah sedekah dan ketika sehat perbanyaklah ibadah.

Orang yang bersedekah akan mendapat keberuntungan yang besar demikian juga dengan orang tuanya.

Bersumpah dengan nama selain Allah termasuk bentuk kesyirikan.

Dalam bahasa arab ada ungkapan-ungkapan yang maksudnya bukan sebagaimana arti kalimat tersebut seperti ثقلتك أمك يا فلان artinya semoga ibumu kehilanganmu wahai fulan.

Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah, mulailah berinfak untuk orang yang menjadi tanggung jawabnya.

Tidak boleh seseorang meminta-minta kecuali dalam keadaan terpaksa, karena perbuatan itu bisa merendahkan dirinya.

Jangan berinfak sampai menghabiskan seluruh harta yang kamu miliki karena akan menyebabkan dirimu menjadi peminta-minta setelah itu.

Tidak boleh meminta-minta secara berlebihan bukan karena terpaksa.

Iatisyrof seperti seseorang selalu mendekati orang-orang kaya supaya diberi sesuatu olehnya, atau mendekati para pejabat supaya diberi jabatan dll.

Orang yang meminta-minta secara berlebihan tidaj akan diberkahi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Abu Layla Turahmin, M.H.
Selasa, 02 Juni 2024, 16.21

Tinggalkan komentar